Tips Memilih Skincare untuk Wajah Berjerawat

  • Whatsapp
Tips Memilih Skincare untuk Wajah Berjerawat
Gambar Dari Canva Pro

Kulit wajah perlu dirawat agar terjaga kesehatannya dan terhindar dari jerawat. Tapi bagaimana jika kulit Anda telah mengalami masalah jerawat?

Untuk Anda yang mengalami masalah kulit berjerawat, Anda tetap harus merawat dengan skincare. Namun tentu saja pemilihan skincare-nya tidak boleh sembarangan.

Skincare untuk Wajah Berjerawat

Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam pemilihan skincare untuk kulit berjerawat.

1. Pilih skincare dengan kandungan salicylic acid dan benzoyl peroxide

Salah satu kebiasaan buruk dari orang-orang yang membeli produk skincare adalah mereka tidak memperhatikan komposisi dari produk tersebut. Apakah Anda termasuk salah satu di antaranya?

Jika iya, coba mulai besok diperhatikan lagi komposisi produk skincare yang akan Anda beli. Untuk wajah berjerawat, sebaiknya Anda memilih skincare dengan kandungan salicylic acid dan benzoyl peroxide. Kenapa?

Karena kedua bahan tersebut dipercaya mampu mengatasi bakteri penyebab kulit berjerawat. Kalau bakterinya sudah mati, bukan tidak mungkin kulit wajah Anda akan terlihat lebih mulus dari sebelumnya.

2. Pilih sunscreen oil free

Tabir surya atau sunscreen berfungsi melindungi kulit Anda dari bahaya sinar matahari. Sunscreen ini sangat berguna untuk mencegah munculnya noda-noda hitam di wajah, kulit terbakar, hingga yang paling buruk adalah kanker kulit.

Pemilihan sunscreen untuk kulit berjerawat juga tidak boleh sembarangan. Anda sebaiknya memilih sunscreen yang oil free. Sunscreen ini memiliki kandungan pelembab yang lebih sedikit sehingga tidak akan menyumbat pori-pori wajah Anda ketika diaplikasikan.

3. Gunakan aloe vera dan tea tree oil

Jika kondisi jerawat Anda sedang memerah atau meradang, ada cara yang bisa Anda coba untuk meredakannya. Anda bisa menggunakan aloe vera dan tea tree oil.

Aloe vera berperan dalam meringankan iritasi yang terjadi pada kulit. Sedangkan tea tree oil berperan dalam meringankan jerawat yang sedang meradang. Kombinasi dari kedua produk tersebut terbukti ampuh mengatasi masalah kulit berjerawat.

4. Pilih produk dengan label non-comedogenic

Yang keempat, pilihlah produk dengan label non-comedogenic. Label ini berarti kandungan yang ada pada produk tersebut tidak menyebabkan komedo karena tidak menutup pori wajah.

Produk dengan label ini cocok dan bagus digunakan oleh Anda yang memiliki masalah kulit berjerawat karena produknya water based sehingga akan terasa ringan ketika digunakan. Anda pun akan dengan mudah membersihkan produk dengan label ini sehingga tidak akan ada lagi masalah jerawt yang timbul akibat sisa make-up di wajah.

5. Pilih produk untuk acne prone skin

Yang kelima, pilihlah produk dengan keterangan untuk acne prone skin atau untuk oily skin. Produk dengan label ini memiliki kandungan yang dikhususkan untuk mengatasi kulit berjerawat dan menumpas minyak berlebih di wajah.

Nah, itulah 5 tips memilih skincare khusus untuk kulit berjerawat. Jika jerawat di kulit wajah Anda sulit teratasi padahal sudah mencoba berbagai skincare namun hasilnya sama saja, Anda bisa mengkonsultasikan hal ini dengan dokter kulit.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *