Tips Efektif Menghadapi Lansia Lemas dan Tidak Mau Makan

Tips-Efektif-Menghadapi-Lansia-Lemas-dan-Tidak-Mau-Makan
Gambar Dari Canva

Perjalanan merawat lansia memang penuh dengan tantangan. Ada kalanya orang tua yang kita rawat mengalami masalah kesehatan yang harus dihadapi dengan kesabaran. Apalagi jika lansia lemas dan tidak mau makan, tentu saja hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatannya secara menyeluruh. Lalu, apa yang bisa Anda lakukan dalam menghadapi kondisi seperti ini?

Menghadapi Lansia Susah Makan

Sama halnya seperti balita, ketika orang tua sudah memasuki usia lanjut maka banyak masalah makan yang akan dihadapi. Ada kalanya orang tua jadi merasa lemas dan nafsu makan berkurang. Agar tak berkelanjutan dan memperburuk kesehatan, berikut ini adalah beberapa tips efektif yang bisa Anda terapkan:

1. Siapkan Menu Favorit

Cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk mengembalikan nafsu makan orang tua adalah menyediakan menu favoritnya. Anda harus mencari tahu dulu menu makanan apa yang disukai oleh orang tua. Sajikan menu tersebut untuk meningkatkan nafsu makan. Jika perlu tanyakan secara langsung makanan apa yang sedang ingin dikonsumsi saat ini.

Biasanya orang tua memiliki beberapa pantangan makan. Lalu, bagaimana jika menu yang diinginkan ternyata masuk ke dalam pantangan? Tak mengapa, cobalah untuk memberikan makanan tersebut dalam porsi kecil. Konsultasikan dulu pada dokter dan jika memang tak masalah maka tak apa memberikannya dalam porsi terbatas.

2. Temani Orang Tua saat Makan

Biasanya orang tua merasa malas makan karena tidak ada orang yang menemaninya. Akan jauh lebih baik jika Anda menemani orang tua makan dan mengobrol sambil menikmati menu yang disajikan. Ini bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk menumbuhkan semangat makan. Hiburlah orang tua agar tak merasa kesepian dan mau menghabiskan makanannya.

3. Makan Lebih Sering dengan Porsi Kecil

Jika lansia lemas dan tidak mau makan, maka cobalah untuk menyajikan makanan lebih sering dengan porsi yang lebih kecil. Ini juga bisa jadi cara efektif untuk meningkatkan nafsu makan. Lansia biasanya mengalami penurunan kemampuan dalam mengonsumsi makanan apalagi dalam porsi besar. Jadi jauh lebih disarankan untuk memberikan makanan dalam porsi kecil.

Agar jumlah asupan kalori yang dibutuhkan tetap terpenuhi maka cobalah untuk meningkatkan intensitas makan. Jika biasanya makan hanya 2 kali sehari maka tambah menjadi 5 kali sehari tapi dengan porsi kecil. Selain itu buatlah jadwal makan untuk mengatur jarak konsumsi makanan agar perut sudah terasa lapar dan siap makan.

4. Berikan Camilan

Jangan hanya fokus pada makanan berat, Anda juga harus memberikan snack atau camilan di sela waktu makan besar. Sediakan berbagai jenis camilan yang menyehatkan seperti buah potong atau kue yang dibuat sendiri. Tanyakan juga camilan favorit apa yang sedang ingin dimakan dan temani orang tua saat menikmati camilannya tersebut.

5. Sajikan Susu untuk Lansia

Anda juga bisa mencoba memberikan susu untuk lansia demi memenuhi kebutuhan kalori dan nutrisi. Pilihlah produk susu yang tepat dan memang aman untuk diberikan kepada lansia. Pastikan bahwa susu tersebut memiliki kadar gula dan lemak yang rendah. Supaya lebih aman, Anda bisa berkonsultasi dulu dengan dokter susu apa yang paling cocok untuk diberikan kepada lansia.

Masalah lansia lemas dan tidak mau makan ini memang seringkali membuat kita bingung. Cobalah untuk mencari penyebab masalah makan tersebut. Jika berbagai macam cara sudah dicoba namun tidak berhasil, segera konsultasikan pada dokter dan mintalah pertolongan agar tubuh tidak semakin lemas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.