Masa Cuti Sudah Usai, Ibu Wajib Tahu Tips Memberikan ASI Eksklusif Ini!

Masa-Cuti-Sudah-Usai-Ibu-Wajib-Tahu-Tips-Memberikan-ASI-Eksklusif-Ini
Gambar Dari Canva

Menjadi seorang ibu pekerja merupakan pilihan pribadi wanita masa kini. Mungkin Anda juga termasuk ibu yang tetap aktif bekerja setelah menikah dan memiliki anak. Bila sudah usai masa cuti hamil dan melahirkan, maka persiapkan diri untuk tetap memberikan ASI eksklusif pada buah hati. Apalagi si kecil masih berusia dibawah 6 bulan, Anda harus memberikan asupan nutrisi terbaik untuk tumbuh kembang lebih optimal. Pilihan produk Philips Avent yang mendukung breast pump di kantor wajib masuk dalam keranjang belanja Anda, ya!

Memahami Tata Cara ASIP di rumah dan kantor

Supaya Anda bisa memberikan ASI eksklusif untuk bayi sampai usia minimal 6 bulan hingga 2 tahun, maka ketahui persiapan manajemen ASIP atau Air Susu Ibu Perah berikut :

1. Membeli peralatan yang memadai

Anda perlu melakukan riset dan membandingkan peralatan ASIP yang ada di pasaran sebab setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihan produk Philips Avent yang terbuat dari bahan berkualitas, memiliki teknologi listrik yang kekinian, higienis, dan memudahkan Anda mengambil ASI tanpa perlu mengeluarkan tenaga alias otomatis.

Pompa ASI listrik juga lebih efisien dibawa traveling atau bekerja di kantor sebab durasi pengambilan susu ibu lebih cepat. Anda hanya perlu membawa tas berisi peralatan pompa susu ke mana saja, ya! Lebih praktis dan cocok untuk ibu pekerja, termasuk ibu yang hendak membawa si kecil traveling bersama keluarga.

2. Rajin memompa ASI

Bila Anda masih mengalami kendala ASI keluar sedikit, jangan menyerah. Tetap lakukan pompa ASI rutin guna melancarkan air susu tersebut. Aliran air susu akan semakin lancar dan deras seiring waktu, kok. Selain itu, Anda harus mendukung menu makanan bergizi yang bisa meningkatkan produktivitas ASI, misalnya sayuran hijau, kacang-kacangan, ikan, telur, susu ibu menyusui, dan lain-lain.

3. Ketahui cara menyimpan ASI dengan baik

Setelah Anda berhasil memompa ASI dengan baik, maka ketahui cara penyimpanan ASIP ini. Pastikan botol penyimpanan terbuat dari bahan berkualitas yang tidak mengandung Bisphenol-A (BPA) yang tidak baik untuk kesehatan buah hati Anda.

Selalu pastikan semua peralatan dalam kondisi steril, tangan Anda sudah bersih, dan simpan di tas cooler khusus. Bila menyimpan ASIP di kantor bersama dengan teman yang lain, maka selalu berikan label nama dan informasi tanggal serta jam pemerahan.

4. Durasi menyimpan ASIP

Asi perah Anda akan bertahan dalam suhu ruangan sekitar 4 jam saja, sedangkan masa penyimpanan dalam tas cooler khusus bisa mencapai 24 jam. Kalau ASIP Anda sedang deras atau lancar, penyimpanan di lemari pendingin bertahan 3-4 hari dan penyimpanan di freezer mampu bertahan sampai 6 bulan. Namun, pastikan Anda memberikan ASIP yang lebih dulu untuk si kecil sebab penyimpanan yang terlalu lama tetap bisa mengubah kandungan protein dan vitamin, lho!

5. Cara memberikan ASIP yang sudah diawetkan pada buah hati

Bila Anda punya stok persediaan ASI di kulkas atau freezer, maka hangatkan ASI lebih dulu. Caranya ambil satu mangkuk berisi air hangat dan masukkan botol ASI ke dalam mangkuk tersebut. Hindari memasukkan kembali botol berisi ASI yang sudah dihangatkan ke dalam lemari pendingin untuk konsumsi lain hari.

Anda perlu memberikan asupan ASI pada bayi sesuai kebutuhan saja sebab setiap anak memiliki kebutuhan ASI masing-masing, apalagi bayi sudah mulai MPASI yang mengalami penurunan konsumsi ASI.

Kini Anda bisa tetap memberikan ASI eksklusif meski harus kembali bekerja di kantor. Pastikan memilih peralatan breast pump electric terbaik dari pilihan produk Philips Avent, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.